Mengaktifkan PDF Viewer di Chromium Browser dan Firefox


Chromium Browser adalah versi opensource dari Google Chrome. Pengguna distro Linux seperti Ubuntu, Linux Mint, dll sudah menemukan Chromium Browser di Software Center nya tidak untuk Google Chrome yang harus download di website. Salah satu hal yang mengganggu pikiran saya pdf viewer yang berada pada Google Chrome tidak disertakan pada Chromium Browser. Oleh karena itu saya disini menyajikan cara untuk mengaktifkan pdf viewer di Chromium Browser. 
Firefox adalah browser yang semua orang pasti tahu, browser ini menurut saya adalah pesaing bagi Google Chrome. Oleh karena itu Firefox juga mengeluarkan pdf viewer versi mereka pada Firefox versi 15 ke atas. 
1. Mengaktifkan pdf viewer di Chromium Browser
Pertama tama download file libpdf.so atau jika pernah memasang Google Chrome ambil saja file tersebut di /opt/google/chrome/. Langkah selanjutnya salin file tersebut ke direktori plugin instalasi Chromium Browser berada. Biasanya berada di /usr/lib/chromium-browser/plugin. Jika menggunakan terminal arahkan dulu ke file libpdf.so berada (misal berada di /home/agus/, kemudian salin. 
cd /home/agus
sudo cp libpdf.so /usr/lib/chromium-browser/plugin
Selanjutnya buka Chromium Browser, dan di tab baru buka about:plugins. Setelah itu aktifkan libpdf dengan mencentang pilihan "always allowed".  Setelah itu tutup Chromium Browser dan buka kembali lalu buka http://dl.dropbox.com/u/57245051/FOSS/DASAR-DASAR-IPTABLES.pdf sebagai contoh saja. Beres...

2. Mengaktifkan pdf viewer di Firefox
Setelah firefox dijalankan silahkan buka di tab baru about:config. Kemudian cari di kolom search dengan mengetikkan "pdf", nanti akan muncul pdfjs.disabled value nya dibuat false. Kemudian dom.ipc.plugins.enabled.nppdf.so valuenya dibuat true. Sebenarnya yang pertama saja sudah cukup. Setelah itu refresh (F5), jika tetap tidak bisa dibuka silahkan tutup dan buka kembali Firefox nya.

Oke cukup sekian :smile: semoga bermanfaat. :c:

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.