Nemo; Alternatif baru File Manager Ubuntu


Selama ini sudah dikenal beberapa File Manager di Ubuntu ataupun Linux pada umumnya. Misalnya Nautilus yang biasanya sebagai default file manager untuk Ubuntu yang menggunakan Gnome dan Unity, Dolphin untuk Ubuntu yang menggunakan KDE, lain juga untuk yang menggunakan LXDE ataupun Xfce tergantung pengembang desktop environment tersebut. Akan tetapi sebagai pengguna ubuntu kita bisa memasang semua File Manager yang ada sebagai bahan percobaan, dan ketika sudah cocok bisa kita setting sebagai File Manager Default.
Nemo yang belum lama muncul ini diprakarsai oleh para pengembang Linux Mint yang memadukannya dengan Desktop Environment Cinnamont, desktop yang belum lama muncul. Ada beberapa fitur yang saya suka antara lain; terdapat pilihan "set wallpaper", "open as root", "open in terminal", menu "send to/copy to", bisa diintegrasi dengan Thunderbird, menampilkan "full path" location dan sebagainya.
Nemo saat ini memiliki sudah memiliki versi stabil dan juga belum, untuk memasang versi stabilnya dengan cara menambahkan ppa dibawah ini. 

sudo add-apt-repository ppa:gwendal-lebihan-dev/cinnamon-stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install nemo
Nemo Versi Stabil 1.1.2
Dan untuk memasang versi terbaru dengan cara menambahkan ppa dibawah ini:
sudo add-apt-repository ppa:gwendal-lebihan-dev/cinnamon-nightly
sudo apt-get update
sudo apt-get install nemo
Nemo versi terbaru
Karena nemo terus akan mengalami perkembangan silahkan ikuti terus ataupun selalu diupdate Nemo yang sudah diinstall untuk mengetahui fitur-fitur terbarunya. 
Jika ingin membuat Nemo jalan sejak startup maka perlu ditambahkan kode berikut:

sudo sed -i 's/NoDisplay=true/NoDisplay=false/g' /etc/xdg/autostart/nemo-autostart.desktop
Sumber http://www.webupd8.org/2012/12/how-to-install-nemo-file-manager-in.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.