Memasang Ratusan Font di Linux Ubuntu


Font merupakan salah satu komponen utama bagi anda yang menggeluti bidang desain grafis. Agar hasil dari editan gimp, inkscape, atau program berbayar seperti Photoshop atau CorelDraw menjadi mantab, maka desainer pasti memperhitungkan font yang akan digunakan. Tergantung pada tema yang sedang digunakan. 

Orang beranggapan bahwa memasang font di Ubuntu atau Linux yang lain itu sulit, padahal itu tidak benar. Mungkin saja karena belum mengetahui bagaimana caranya. Berikut ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memasang font langsung buanyak di Linux. Saya saat ini menggunakan Ubuntu 14.04 LTS.

Cara pertama menggunakan terminal (Tekan Ctrl + Alt + T), kemudian ketik:
apt-get install fonts-cantarell lmodern ttf-aenigma ttf-georgewilliams ttf-bitstream-vera ttf-sjfonts ttf-tuffy tv-fonts
atau juga bisa ketik :
apt-get install ubuntustudio-font-meta
Cara kedua menggunakan tool sederhana dan gui yaitu TypeCatcher, jika belum terpasang, maka bisa dipasang terlebih dahulu dengan mengetikkan:
apt-get install typecatcher
TypeCatcher ini memberikan kita kemudahan untuk memilih dan memasang font yang disediakan oleh Google. Menurut saya cara kedua lebih bijak, kita langsung memasang font seabrek-abrek tetapi font yang kita gunakan juga tidak akan terlalu banyak. 
Oke, selamat berkreasi, maju terus opensources !
Sumber: http://www.maketecheasier.com/install-hundreds-of-fonts-in-ubuntu/ http://www.techrepublic.com/blog/linux-and-open-source/easily-install-google-web-fonts-in-ubuntu-with-typecatcher/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.