Font Trebuchet Apakah Font ITS?


He2, aslinya gak begitu penting tapi ini cukup nyentil juga kalo didenger. Mengapa trebuchet seolah-olah font ITS, karena melihat fakta ITS sangat sering menggunakan font ini, terbukti dari dokumen ke-ITS-an, font pengumuman, font tulisan dinding, font yang ada di ruangan di rektorat, font kolokium (untuk mahasiswa Kimia ITS), bahkan font di web ITS hampir keseluruhan menggunakan font Trebuchet. 
Akan tetapi bagaimana sejarahnya saya sendiri kurang tahu, apakah diakuisasi juga tidak tahu, yang jelas Institut Teknologi Sepuluh Nopember (bukan Institut Teknologi Surabaya) telah menjalin kerjasama terhadap perusahaan Microsoft atau yang sering disebut Microsoft Campus Agreements. Dengan kerjasama itu ITS memiliki hak pakai terhadap produk Microsoft salah satunya adalah font-font yang direlease oleh Microsoft. Dari sekian banyak font, Trebuchet salah satunya. Jadi sebenarnya Trebuchet adalah font microsoft yang sah/legal dipakai ITS karena kerjasama tadi. Kalo ditanya bayar atau gratis, jelas berbayar karena microsoft perusahaan komersial. 
Nah disini tidak membicarakan jual beli font, yang saya ingin share disini bagaimana memasang font Trebuchet di Ubuntu Linux. Siapa tahu temen-temen dari kimia ITS atau dari jurusan lain atau bahkan temen-temen di maya  pada ada yang memakai Ubuntu akan tetapi tidak tahu instalasi nya. Caranya sangat mudah, apabila anda pengguna Ubuntu atau Debian, langsung saja ketik di terminal: 
 apt-get install ttf-mscorefonts-installer
Eits jangan lupa membiasakan untuk masuk dulu ke root, caranya dengan mengetikkan:
 sudo -i
atau untuk pengguna debian ketik:
 su
Dengan install font-font ini juga akan mempermudah instalasi program wine (jika tidak tahu wine silahkan kunjungi websitenya), karena font-font yang terinstall dari perintah di atas adalah font-font pokok di OS Windows yang terinstall di wine. Font-font itu antara lain, Trebuchet, Arial, Times New Roman, Georgia, Courier, Comic Sans. 
Selamat menikmati indahnya berlinux ria. 

5 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.